Apr 19, 2011

Blog untuk berbagi dan berkawan

Nge-blog = curhat?
Bisa-bisa saja, alias boleh-boleh saja.
 
Sejak awal memiliki blog, memang diniatkan sebagai ajang tumpahan uneg-uneg layaknya diary (atau tempat sampah?). Entahlah! Setiap orang punya maksud tersendiri. Yang jelas, bagiku yang namanya uneg-uneg biasanya tak menyenangkan, apalagi jika disimpan berlama-lama. Seperti bahan organik yang menumpuk dalam wadah tertutup, lama-lama dia akan membusuk dan mengeluarkan gas rumah kaca (NH4). Selain berbau busuk, gas ini sungguh tak baik untuk daya tahan bumi terhadap gempuran sinar matahari. Panas matahari akan lebih banyak tersimpan dalam atmosfir ketimbang dipantulkan kembali ke luar angkasa. Akibatnya, bumi semakin panas, meradang. Cuaca jadi tak menentu. Kadang panas berkepanjangan, kadang hujan keterusan. Jadi, kalau tidak kekeringan, ya kebanjiran.

Beda jika tumpukan “sampah” organik itu di kelola dengan baik, di udara terbuka. Dia akan menjadi pupuk (kompos), pun tak menyebabkan timbulnya gas berbahaya untuk ozon itu.

Nah, nge-blog ini bisa jadi bagian pengelolaan hati. Di blog ini hati di buka, biar kena angin. Ibarat bumi adalah tubuh kita, hati yang terus menerus menyimpan panas menyebabkan kita bisa “panas dalam”. Lihat tabiat kita, seperti apa jadinya? Tak tentu juga kan, “cuacanya”? Kalau nggak murung bae, ya nangis melulu. Bahasa gaulnya: nge-bete-in!

Curhat kan juga tak melulu soal pribadi. Banyak hal yang menjadi perhatian kita bisa kita bagi. Misalnya soal kemiskinan di sekitar kita. (Ini bahas kemiskinan harta aja ya? Karena kalau soal kemiskinan yang lain, jangan-jangan aku termasuk di dalamnya? Hehehe....)

Karena melihat sekeliling kita itulah, ada hal-hal memprihatinkan yang sangat mungkin kita bisa berbuat untuk itu. Alhamdulillah, dengan membuka mata (dan mata hati) sudah dua kali Ramadhan, aku dan dibantu banyak kawan menyelenggarakan kegiatan Bazaar Amal Ramadhan. Awalnya sih, banyak keraguan mengganggu pikiran. Tetapi kemudian, dengan prinsip: untuk kebaikan tak boleh mundur, terjadilah kegiatan itu (Baca Bazaar Amal Ramadhan 2011).

Berbagi hal yang menyenangkan, apalagi..! Pasti sangat boleh. Dari kejadian lucu, foto-foto cantik, resep makanan favorit, syukuran kawan yang telah menerbitkan dua novel, berbagi ceria dengan para pengungsi di Yogya (baca: Berbagi Ceria) dan Garut (tapi kayaknya ini belum masuk blog-ku, deh..hehehe..), dan lain-lain.

Lebih dari itu, nge-blog membuat orang saling mengenal melalui tulisan, atau sharing ide/ gagasan. Minimal, mereka membaca apa yang akan atau ingin kita lakukan, lalu memberikan support. Apapun bentuknya, akan membuat berbagi semakin menyenangkan. Bisa jadi, hal yang menurut kita kecil, bisa berarti banyak untuk orang lain. Pengalaman terbaikku adalah bersama Kegiatan Bazaar Ramadhan. Karena orang yang belum mengenalku (secara pribadi) sekalipun, mau memberikan dukungan. Dan, kelihatannya berbagi pakain bekas layak pakai sesuatu yang sepele. Kita bisa jadi menganggapnya sepele, seperti membuang sampah semata. Namun, bagi orang lain ternyata bisa memberikan kegembiraan yang amat sangat. Rasa syukur itu membuatku ingin melakukannya kembali. Terus...dan, terusss..! Juga berharap, tulisan pengalamanku bisa membuat orang lain terdorong untuk melakukan hal yang sama.

Informasinya bisa kita sebar via link FB, twitter, dan e-mail. Bahkan melalui pesan pendek.

Pendek kata: blog tempat asyik untuk berbagi, dan berkawan.
Stay connected!



Blogger Return Contest

denaihati.com

18 comments:

  1. Makasih, Mbak, udah ikutan.
    Tak catet yah? :) *cepet banget idenya?* hehehe

    ReplyDelete
  2. hehehe..iya, nih..mumpung lagi ingat, dan ada ide yang lewat. Makasih sudah di catet.

    ReplyDelete
  3. wow.. tunggu aku mbak anaz.. masih bertapa cari wangsit ...
    mbak novi, cakep tulisannya, rumah kita mirip ya hehe

    ReplyDelete
  4. Makasih sudah mau mampir. Mirip? o ya? Aku nanti coba ngintip, deh...dan, thanks sudah mau jadi member pertamaku. akhirnya..hehe..

    ReplyDelete
  5. Mbak Novi, selamat mendapat buku, karena menjadi peserta pertama :)

    ReplyDelete
  6. Silahkan...senang ada yang "bertamu"..hehehe

    ReplyDelete
  7. Kunjungan perdana nih Sob !
    Sukses untuk lombanya.

    Salam

    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  8. Terimakasih sudah mau berkunjung. Silahkan dinikmati menu yang ada. Salam kenal.

    ReplyDelete
  9. wah berawal dari curhat, jadinya adiktif.

    ReplyDelete
  10. datang membaca...dan mengucapkan selamat berlibur.

    ReplyDelete
  11. moga menang.klu menang bg2 ya,hehe..

    ReplyDelete
  12. Kawan Khairul Faiz, iya...lebih enak, tak ada yang menyela dan menyela (mencela?)sampai selesai bercurah hati...hehehe..

    Sang Cerpenis, hmm...kayaknya aku harus banyak belajar dari dirimu...!

    I-one, amiiiinn....! Meski gak cari menang, karena yang penting ngisi blog! hahaha

    ReplyDelete
  13. Nice..... moga menang ya...
    #intip balik ya blog ku :)
    salam kenaaallll

    ReplyDelete
  14. Setuju sekali, sejauh ini blog adalah tempat terasyik di dunia maya untuk berbagi dan berkawan.

    Semoga menang ya!

    ReplyDelete
  15. salam kenal ya mbak,,,meraih persahabatan dari nge blog ya..^^

    ReplyDelete
  16. BlueLov, thanks. Oke akan aku intip pakai dua mata..hahaha..!

    Abi Sabila, yuk berbagi dan berkawan!

    Puteriamirillis, thanks. Salam persahabatan.

    ReplyDelete