Feb 24, 2011

Serba Tomat

Menyedihkan.

Seringkali seperti itu nasib petani di negeriku Indonesia ini. Setelah tak lama menikmati harga tomat yang sedikit lumayan (di pedagang sayur keliling Rp. 500 perbuah), sekarang harganya anjlok sampai hampir tak berharga. Rp. 200/kg! Dari mana petani bisa menghidupi keluarganya dengan penghasilan yang jauh...sekali dari layak? Sementara, pemerintah sepertinya tak bisa memberikan solusi apapun. Semuanya di serahkan pada mekanisme pasar.

Ah, malangnya petani kecil.

Terisnpirasi dari kerja keras petani, dan melimpahnya tomat, aku membuat masakan dan makanan serba tomat. Supaya tomat laku dipasaran, dan harganya tidak terlalu murah. Entah usaha ini berdampak baik atau tidak pada petani (walau jelas pada pedagangnya), setidaknya tomat bisa diolah menjadi saus yang bisa diawetkan. Dampaknya masih tetap baik untuk keuanganku.

Bayangkan saja, dari 1/2 kg tomat segar bisa jadi 250ml saus yang jika dibeli di pasar harganya jauh lebih mahal. Apalagi saus buatan sendiri sudah pasti lebih segar, dan enak! Dijamin tanpa bahan pengawet kimia pula. Dari saus ini, bisa dibuat berbagai macam bumbu. Mulai dari bumbu ayam bakar, sampai spaghetti. Hmm...yummy!

Yuk, berkreasi makanan dari tomat? Tak perlu khawatir bosan. Banyak pilihan yang bisa di buat. Kita buat bahan utamanya dulu: SAUS TOMAT

SAUS TOMAT

Bahan:
- Tomat segar
- Gula
- Garam
- Jeruk nipis/ lemon

Cara membuat:
- rebus tomat sampai merekah (kira-kira 5 menit).
- buang kulit tomat, lalu blender sampai halus. Saring.
- rebus kembali tomat yang sudah di saring sampai mengental. Kekentalan bisa disesuaikan dengan selera. Jika ingin lebih kental bisa di beri satu sendok makan maizena yang dilarutkan dengan air.
- jangan lupa selama merebus berikan gula, dan garam secukupnya, serta air jeruk lemon/nipis. selain membantu mengawetkan, ari jeruk membuat rasa saus lebih segar.

Jika ingin sedikit berbumbu, boleh ditambahkan bawang putih bubuk, dan lada.

Selamat mencoba!

2 comments: